Posted in Informatika

Jam Digital dan Kesehatan

JAM TENSI DIGITAL

Anda tahu jam tangan? alat yang sebagian besar orang punya , menempel di tangan mereka sebagai alat untuk menunjukkan waktu.

saat ini dunia digital ( maksudnya dunia yang modern dan lebih maju berkat teknologi informasi ) menemukan suatu solusi baru yang dapat membantu dunia kedokteran untuk membantu mengukur tensi darah seseorang.
gabungan dari jam tangan dan alat ukur tensi darah…
jeng jeng…

JAM PENGUKUR TENSI
sumber tulisan dibawah ini : http://www.pendidikanhotelkapalpesiar.co.cc/2010/03/mengukur-tensi.html
Penemuan baru berteknologi tinggi telah dikembangkan oleh sebuah perusahaan alat kedokteran di Singapura. Perusahaan tersebut berhasil menciptakan jam tangan yang bisa mendeteksi tekanan darah tanpa nyeri maupun rasa tak nyaman sebuah sensor kecil diletakan di sisi bawah jam tangan tersebut. Apabila arloji dilingkarkan di pergelangan tangan, sensor tersebut letaknya di atas arteri (pembuluh darah nadi). Lalu, sensor tersebut akan mencatat pulsasi arteri dan mengubahnya dalam bentuk data yang bisa di baca.
Berbagai data bisa dicatat dalam sensor tersebut . “Mulai ukuran tekanan darah dan polanya, rata rata tekanan arteri, pola pulsasi dan detak jantung,” ungkap dr. Ting Choon Meeng, penemu jam tangan berteknologi canggih itu. Informasi yang dikumpulkan tersebut bisa digunakan indikasi suatu penyakit . Seperti , kemungkinan stroke atau perlunya memereksikan kondisi jantung lebih lanjut.
Nah, dengan adanya sensor pada jam tangan tersebut, maka kemungkinan rasa sakit dan infeksi itu bisa di minimkan. “Selain itu arloji itu bisa memudahkan dokter memprediksi risiko penyakit para pasiennya. Arloji tersebut juga memonitor tekanan darah 24 jam,” ungkapnya pada surat kabar Straits Times. Hal itu tentunya lebih akurat di bandingkan pemeriksaan mingguan atau tiap bulan.
“Sebenarnya tujuan saya membuat jam tangan tersebut ingin mengetahui apa saja yang terjadi setelah pasien meninggalkan tepat praktik,” cetusnya. Sehingga , lanjut ia, si peneliiti dapat mendeteksi sekaligus mencegah timbulnya stroke ataupun serangan jantung

hmm, kelihatannya sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan terutama bagi para dokter, sangat membantu dalam mengetahui kesehatan pasien mereka. Saya juga ingin bisa membuat alat seperti itu.. yah mungkin beberapa tahun lagi….

-End-

Advertisements

Author:

Insan biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s