Posted in Informatika

Glut Tutorial untuk newbie atau pemula

Assalamualaikum Wr Wb

karena pada semester ini saya sedang mengambil grafkom ( grafika komputer ) dan menggunakan GLUT maka saya ingin belajar bersama-sama para pembaca sekalian mengenai GLUT

tidak usah basa basi langsung saja…

==============================================================================================

Pertama kita membuat fungsi main() nya. Disini akan menjalankan inisialisasi yang diperlukan dan memulai looping event glut.

Pertama kita harus menginisialisasi GLUT dan membuat window utama sebagai tempat gambar akan ditampilkan, serta memberi tahu GLUT fungsi mana yang harus dipanggil untuk menangani event yang akan kita gunakan.

Event itu sesuatu seperti tombol yang ditekan , mouse bergerak, window atau jendela yang akan diwarnai atau diubah ukurannya dan sebagainya. Memberi tahu GLUT fungsi mana yang akan dipanggil ketika suatu event terjadi disebut registering callback function.

Bentuk dasar dari main :

int main(int argc, char **argv) {

	// insialisasi GLUT dan membuat window

        // register callbacks

	// masuk ke siklus proses GLUT
}

Inisialisasi GLUT dan membuat window

* void glutInit(int *argc, char **argv);

* void glutInitWindowPosition(int x, int y);

Parameter:

  • x – posisi horisontal dari KIRI layar
  • y – posisi vertikal dari ATAS layar

* void glutInitWindowSize(int width, int height);

Parameter:

  • widthLebar jendela
  • height – Tinggi jendela

* void glutInitDisplayMode(unsigned int mode)

Parameternya bitwise OR untuk menentukan tipe warna, dan jumlah buffer:

Untuk menentukan tipe warna:

  • GLUT_RGBA atau GLUT_RGB – memilih window berwarna rgb
  • GLUT_INDEX – memilih sebuah warna tipe index

Untuk menentukan jumlah buffer:

  • GLUT_SINGLE – single buffer window
  • GLUT_DOUBLE – double buffer window, required to have smooth animation.

Jika ingin menspesifikasikan window dengan beberapa set buffer:

  • GLUT_ACCUM – accumulation buffer
  • GLUT_STENCIL – stencil buffer
  • GLUT_DEPTH – depth buffer

Misal ingin warna RGB, dengan double buffer dan depth maka:

* glutInitDisplayMode(GLUT_RGB | GLUT_DOUBLE | GLUT DEPTH);

Setelah beberapa langkah diatas , anda dapat membuat window

int glutCreateWindow(char *title);

Parameters:

  • title – menentukan judul window

Nah kira-kira keseluruhan seperti ini:

#include <GL/glut.h>
#endif

int main(int argc, char **argv) {

	// init GLUT and create Window
	glutInit(&argc, argv);
	glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_DOUBLE | GLUT_RGBA);
	glutInitWindowPosition(100,100);
	glutInitWindowSize(320,320);
	glutCreateWindow("Lighthouse3D- GLUT Tutorial");

	return 1;

}

untuk tutorial yang asli silahkan kunjungi http://www.lighthouse3d.com/tutorials/glut-tutorial/initialization/

Advertisements

Author:

Insan biasa

2 thoughts on “Glut Tutorial untuk newbie atau pemula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s