Posted in Belajar Dakwah

Menjaga Lingkungan

Bismillah.

Dari fulanah teman dari teman saya si fulan bercerita:

Suatu ketika fulanah naik sebuah taksi dimana Pak sopirnya sangat tenang.  Cahaya matahari terus menembakkan sinar panasnya, kemacetan menyebabkan banyak mobil berteriak satu sama lain. Tiba-tiba dari arah berlawanan sebuah monster mendekat (truk). Karena kaget, pak taksi tadi kehilangan keseimbangan dan hampir saja bertabrakan dengan truk tadi. Untung saja tidak terjadi kecelakaan.

Supir truk melongokkan kepalanya dari jendela dan mengucapkan sumpah serapah kepada pak supir taksi, namun Pak supir membalas dengan senyuman dan meminta maaf.  Fulanah heran dengan keadaan ini, kenapa beliau tidak membalas makian tadi?.

“Kenapa anda tidak membalas ucapan supir truk sampah tadi, pak?”.

“Supir truk tadi membawa sampah bukan? sayangnya kita tidak menyadari bahwa sebenarnya setiap orang membawa sampah dalam dirinya yang berisi rasa marah, kebencian, sumpah serapah, dendam dan hal-hal sejenisnya. Tergantung bagaimana kita membawa sampah itu, apakah ingin dibawa2 setiap saat atau dibuang jauh2 pada tempatnya. Tahukah anda kenapa ada semboyan dilarang buang sampah sembarangan? Ya, karena jika kita membuang sampah sembarangan hanya akan menyebabkan sampah-sampah baru yang bertebaran tidak pada tempatnya, dan akan lebih baik lagi kalau kita mampu menanggulangi sampah tersebut agar dunia ini bersih dan hati kita juga bersih”

sebuah penjelasan yang cukup dalam maknanya.  Fulanah pun terdiam untuk mencerna lagi makna yang terkandung dalam ucapan tersebut.

Marilah menjaga lingkungan mulai dari diri kita sendiri dengan tidak membuang ‘sampah’ sembarangan!.

sumber cerita : Yhue Bulan

Advertisements

Author:

Insan biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s