Diposkan pada Belajar Dakwah, Kontemplasi, Rasulullah SAW

Kadar Cinta

Bismillah,

Dari Anas, ia berkata : Saya pernah menuangkan (minuman) kepada Abu ‘Ubaidah dan Ubay bin Ka’ab, (yang dibikin) dari perasan kurma segar dan kurma kering, lalu ada seseorang datang kepada mereka, kemudian berkata, “Sesungguhnya khamr telah diharamkan”. Lalu Abu Thalhah berkata, “Berdirilah hai Anas, lalu buanglah”. Kemudian saya pun menuangkan (membuang) minuman tersebut”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]

Hadist diatas menerangkan dilarangnya khamr atau minuman keras. Namun fokus kita kali ini bukan pada khamrnya, melainkan pada sikap yang dilakukan sahabat Anas Radiyallahu anhu. Beliau langsung meninggalkan perbuatan yang dilarang oleh Allah Ta’ala dan RasulNya yaitu mengkonsumsi khamr.

Langsung meninggalkan, tanpa bertanya, berpikir, ataupun mencari-cari alasan agar tidak melakukannya. Masya Allah, Dapat kita lihat kadar cinta yang tinggi seorang sahabat kepada Allah Ta’ala dan RasulNya. Karena manusia ketika sedang mencintai, maka dia akan melakukannya tanpa ada keraguan sedikitpun.

Lalu bagaimana dengan kita?, sudahkah kita, mampukah kita seperti sahabat-sahabat Nabi yang terdahulu? Yang mudah saja, seperti menjaga lisan. Apakah lisan kita sudah terjaga dari mengatakan hal-hal yang dapat menyakiti perasaan orang lain?,

Menjaga hati, apakah hati kita sudah terhindar dari prasangka-prasangka buruk terhadap saudara kita sendiri?

Menjaga pandangan, apakah kita sudah bisa mengalihkan pandangan kepada lawan jenis? terutama para akhi..

Alasan apa yang akan kita gunakan ketika bertemu Rasulullah Shallahu Alaihi Wasallam ketika di Yaumul Akhir nanti agar kita mendapat pengakuan Beliau sedangkan mengerjakan sunnah beliau saja kita ogah-ogahan?

Marilah kita selalu berintospeksi diri, setiap hari, setiap saat, setiap waktu. Astaghfirullahaladzim..

sumber gambar sampul : http://www.saparil.com/wp-content/uploads/2015/11/cinta.jpg

Iklan

Penulis:

Insan biasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s