Posted in Kontemplasi

Tenang

Bismillah,
Ingatlah, dengan berdzikir kepada Allah hati akan tenang” (Q.S. 13:28). Satu ayat pada surat Ar-Rad yang mungkin sering kita lupakan, namun selalu mengingatkan bahwa kita harus senantiasa berdzikir ( mengingat ) Allah Subahanallahu Ta’ala. Ada kalanya qalbu ini merasa kosong, tidak tahu arah tujuan untuk apa kita hidup di dunia ini. Segala pencapaian terasa nanti tak ada guna ketika sudah berada di hadapan pengadilan Yaumul Hisab.

Lalu apa yang sebenarnya kita cari? what do we seeking for in this dunya? Banyak orang bekerja siang malam tanpa kenal lelah hanya untuk mencari uang. Apakah hal itu salah? pikirku itu memang sudah fitrah dari manusia untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan hidup. Tapi apakah uang akan membuat kita mendapatkan Ridho Allah Ta’ala?

Seorang sahabat-saya pernah berkata.
Bukan pada mencari uangnya, namun niat dan tujuan dari kita mencari uang itu. Segala sesuatu yang diniatkan untuk Allah Ta’ala sebagai ibadah, In syaa Allah mendapatkan berkah. Dan tujuan dari uang yang kita dapat yaitu untuk berjuang di jalan Allah Ta’ala, dan memenuhi kebutuhan keluarga itu merupakan salah satunya.
Berbakti pada orang tua merupakan juga salah satu Jihad di jalan Allah.
Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amru Radhiallohu’anhu bahwa pada suatu hari ada seorang laki-laki yang datang menghadap Nabi Sholallohu’alaihi wa Sallam untuk meminta izin agar dia diperbolehkan untuk ikut berjihad, maka Nabi Sholallohu’alaihi wa Sallam bertanya kepadanya, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” Laki-laki tersebut menjawab, “Ya.” Maka Nabi Sholallohu’alaihi wa Sallam bersabda,

Jihad kamu adalah mengurus kedua orang tuamu.”

Wallahu a’lam, sayapun masih sering terlena dengan kehidupan dunia ini.. Butuh jutaan ilmu, puluhan tahun waktu dan penafsiran untuk mengungkap makna dari setiap ayat-ayat dalam Al-Quran.

Semoga Allah Ta’ala selalu melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita agar selalu diberi petunjuk ke jalan yang lurus, yang diridhoiNya.

 

sumber gambar : http://40.media.tumblr.com/tumblr_lmr7j5ao6P1qadi2so1_500.jpg

Advertisements

Author:

Insan biasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s